Posted by on April 20, 2017

Cave Tubing Pindul, Goa Pindul

Untuk mengisi liburan yang bikin bosan kunjungi tempat-tempat yang unik pastinya sangat menyenangkan,Refresing dan menambah ilmu pengetahuan,nah disini solusinya Goa Pindul Gelaran 2  bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk mengunjunginya. Wisata Goa Pindul yang bertempat di Dusun Gelaran,Desa Bejiharjo,Wonosari,Gunungkidul, Yogyakarta yang baru saja naik daun saat ini.
Wirawisata adalah salah satu provider resmi yang mengelola obyek wisata ini.

Goa Pindul adalah goa yang berada di bawah tanah, lebih tepatnya di bawah kaki gunung memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4-5 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa Pindul ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. waktu tempuh kurang lebih sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Anda juga tidak perlu khawatir saat anda hendak menyusuri Goa,tempat ini sangat aman untuk segala usia,dari anak-anak hingga Usia lanjut sekalipun, karena air yang mengaliri Goa Pindul ini berasal dari mata air yang mengalir pelan meskipun musim hujan.

Dan didalam penyusuran Goa Anda akan melihat beberapa batua yang alami terbentuk oleh air yang menghiasi Goa Pindul ini, Anda juga akan melihat beberapa cahaya batu kristal saat pemandu mengarahkan lampoon senternya di batu tersebut.
Ada juga batu yang disebut batu Perkasa dan batu Mutiara didalamnya,dan mempunyai mitos tersendiri,tentunya pemandu anda yang akan menjelaskan.

Setelah anda sampai di lokasi kami yaitu Wirawisata, Anda boleh istirahat terlebih dahulu di pendopo-pendopo yang di buat dengan tema tradisional di sekertariat Wirawisata goa pindul.

Adapun persiapan dan langkah-langkah sebelum menyusuri Pindul adalah sebagai berikut :

 Pengunjung diharuskan/wajib mengenakan jaket pelampung.
Jaket pelampung ini ada 3 ukuran di tempat kami yaitu:
—Ukuran kecil,untuk anak-anak berusia dibawah 12 tahun.
—Ukuran sedang,ukuran standart untuk dewasa mampu menahan berat badan hingga 100kg dalam keadaan basah.
—Ukuran Jumbo,Big Size,mampu menahan berat badan lebih dari 120 kg.

Selanjutnya anda berjalan dengan jarak kurang lebih 100m menuju Pindul dan membawa ban tubing,atau anda bisa meminta pemandu untuk membawakan ban tubing.

-Sebelum sampai dilokasi biasanya anda diminta untuk berhenti sejenak untuk mendapatkan breafing dan pengarahan dari pemandu.Pemandu juga akan memperkenalkan diri mereka.
Setelah selesai memberi breafing pemandu akan mengajak anda berdoa bersama dan melakukan yel-yel agar menambah semangat dan kebersamaan.

Selanjutnya adalah menyusuri Goa Pindul.
Sambil duduk diatas ban tubing anda akan diberi penjelasan lengkap mengenai obyek ini dari pemandu anda.

Silahkan bertanya kepada pemandu untuk hal kurang jelas selama anda didalam Pindul.Pemandu akan siap menjawabnya.
Di Zona yang pertama yaitu zona terang anda akan melihat beberapa stalaktit (batu yang tumbuh dan membesar dari atas kebawah) dan juga batu pilar (pertemuan dari batu stalaktit dan batu stalakmit (batu yang tumbuh menjulang dari bawah ke atas).
Anda juga akan melihat sumur terbalik dan sarang burung walet dan masih banyak lagi di zona pertama ini.

Zona ke-2 adalah zona remang,anda akan menjumpai stalaktit yang bergelantungan menghiasi goa.Ini adalah zona yang paling disukai oleh seorang pria dan wanita.Selain tempat yang bagus untuk berfoto diantara stalaktit dan melihat batu kristal pertama seperti yang ditunjukan pemandu dibawah ini.

Zona kertiga yaitu zona gelap abadi,disebut zona gelap abadi sebab di zona atau ruangan ini tidak pernah  terkena sinar matahari secara langsung atau pantulan cahaya dari dinding-dinding disekitarnya.Ditempat ini hanya diterangi dengan senter pemandu saja.Pemandu akan mematikan lampu senternya jika anda berkenan, untuk mengheningkan cipta sejenak dan berdoa diruangan ini.Ruangan yang masih dianggap sakral dan dipercaya berdoa tentang hal positif ditempat ini,akan banyak dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Jika anda tidak menginginkan untuk pemandu mematikan senternya,anda juga bisa berfoto-foto disini.
Terdapat juga batu stalaktit terbesar kedua yang menghiasi zona gelap ini.Anda boleh berfose dan memegang batu tersebut dibagian yang kering.

Ada terbesar kedua,tentu ada yang terbesar pertama.Dibawah ini adalah gambar stalaktit terbesar pertama yang ada di Goa Pindul.Orang menyebutnya dengan nama Soko Guru yang menurut beberapa sumber,berarti Tiang Penyangga Goa atau bukit diatasnya.Ukuran batu Soko Guru ini adalah sekitar lima rentang tangan orang dewasa.

Meskipun disebut tiang penyangga Goa/bukit,setelah diteliti lebih lanjut ternyata Stalaktit terbesar di Goa Pindul ini belum menyentuh hingga dasar sungai.Dan masih menggantung sekitar 4 meter dibawah permukaan air.Mengingat kedalam di area ini berkisar 11 meter.
Batu Stalakmit Soko Guru adalah batu yang mempunyai ukuran terbesar ke 4 didunia.
Masih di ruangan ini anda akan melihat Stalaktit batu tirai terbesar di Goa Pindul,batu ini tersusun sama halnya dengan stalaktit yang lain,namum arah pertumbuhannya cenderung melebar hingga membentuk seperti lapisan-lapisan kain Gordin yang mirip di Jendela pintu anda.
Setelah melewati batu tirai diatas anda akan melihat cahaya surga yang menurut kami sangat indah,cahaya ini adalah cahaya matahari dari atas yang menembus dari pepohonan diatas bukit dan melewati Lubang Goa Vertikal.

Lokasi ini adalah spot yang menurut kami paling bagus untuk anda mengabadikan moment.
Pemandu akan mengajak anda turun dari ban tubing yang anda duduki dan mempersilahkan bermain,berenang,melompat dan mengambil gambar sepuasnya di tempat ini,jika anda berkenan.

Tidak hanya itu,anda juga bisa naik ke tebing-tebing goa untuk berfoto-foto,yang mungkin belum pernah anda lakukan sebelumya.
Jika anda tidak membawa alat dokumentasi karena takut resiko rusak terkena air ataupun terjatuh anda bisa memesan jasa fotogarafer di loket tempat anda membeli tiket dari kami.
 
Kedalaman air hanya sekitar setengah hingga 1 meter di bawah lobang Vertikal.
Dan jika anda ingin melompat sambil menguji adrenaline dari ketinggian 2 meter,air dibawahnya sekitar 3-5 m.Jadi anda tidak perlu khawatir kaki anda mengenai batu di dasar sungai.

Tentu kami melarang anda melepas jaket pelampung yang anda kenakan selama di obyek.

Setelah puas bermain di tempat ini anda akan di ajak oleh pemandu untuk menuju finish Pindul dengan berenang atau naik ban tubing lagi.Yang berjarak kuranglebih 50 meter dari Goa Vertikal tempat anda bermain.

Terdapat sebuah bendungan yang dibuat pada jaman penjajahan Belanda dahulu,difungsikan sebagai irigasi yang selama ini mengairi sawah seluas kurang lebih 90 hektar milik petani disekitar Goa Pindul.Sillahkan tanyakan kepada pemandu anda lebih rinci tentang semua hal yang ada di Goa Pindul dan sekitarnya.Pemandu kami akan senantiasa menjawabnya.

Comments

  1. GOA PINDUL WIRAWISATA - Goa Pindul Jogja - […] Cave Tubing Pindul, Goa Pindul […]

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*